Trend Anthurium oleh Pak Robert Pramono

iya semoga kita sekarang tidak sedang tersesat dalam menjalani hobby yang termasuk mahal ini. :)

harga anthurium menurut saya sedang di bawah (sudah termasuk murah di banding bulan oktober 2007 kmarin), beberapa orang masih berharap akan tjadi penurunan harga lagi supaya bisa belanja untuk stok musim kemarau nanti. tapi saya lihat di sekitar kami, sudah banyak pemain/pedagang yang belanja besar sampai ratusan bibit. menurut saya harga akan turun dikit
lagi kemudian masuk musim kemarau harga akan beranjak naik.

ttg. harga yang bervariasi itu kompleks pak. lain daerah lain bandrol, krn tanaman hias nilainya absurb. berani jual murah mungkin karena itu hasil panenan sendiri, karena dah balik modal dijual murah pun dia masih untung. bisa jg krn barang tersebut palsu, misal jenmanii pluto yang waktu 2dn sama persis dng jenmanii ular2an, sehingga supaya cepet habis barang dijual murah saja tp dengan nama yang lebih gahar. bisa jg karena perjalanan bibit tsb dah beralih tangan terlalu banyak dan masing2 tangan pingin ngambil untung. dengan adanya kemajuan informasi sekarang harusnya harga cepat terkoreksi, karena orang memungkinkan tahu harga lain daerah dalam waktu singkat, kan tinggal SMS aja . klo mau beli, paling aman emang datang ke petani langsung, lihat induknya, yakin barangnya, bandingkan dng harga orang lain, nilai harganya pantas ato gak, putuskan beli/tidak.

klo meredup ketenarannya.. meredup jelas enggak ya, justru makin terkenal di masyarakat, karna telah berhasil membuat petani jadi kaya dan banyak jg orang yang bangkrut krn beli harga tlalu tinggi dan sekarang harga lagi di bawah. klo sekarang harganya meredup jelas iya. saya kira mendekati agustus harga akan naik tapi tidak akan sedasyat tahun marin. orang berduitpunakan lebih hati2 dalam membelanjakan uang. pebisnis dah tahu produk akan lebih selektif. investor jg tidak akan senekat tahun kmarin yang menukar uang ratusan juta untuk satu indukan anthurium.

dulu tahun 2006 sudah ada petani yang bangkrut krn jual sawah dan sapinya untuk digadai dng anthurium tp butuh uang untunk makan saat harga lagi di bawah.

tahun 2007 kmarin jg banyak investor yang kecele beli ratusan juta induk anthurium tp. lum kejual mpe sekarang dan tidak bisa memelihara bijinya.

Tahun 2008 anthurium akan sudah sampai ke end user dengan harga yang pantas dan masuk akal. trend tanaman lain mungkin tidak terjadi.

tahun 2009 tanaman hias cooling down krn pemilu presiden, kecuali klo peserta pemilu mengganti money politik dng suvenir tanaman hias macam gel. cint ato jenmanii. :)

just sharing pak... saya sok tahu bgt ya? maaf kalo ada kata yang salah.

salam
robert pramono

sumber data: milis anthurium 10 April 2008