VARIEGATA BUATAN : WASPADALAH !

Selama ini sudah banyak teknik untuk membuat Anthurium menjadi variegata, tetapi pada umumnya menggunakan zat kimia yakni K**kisin yang membuat daun baru menjadi putih total, ada juga yang menggunakan beberapa bahan tetapi kelemahannya pada bercak putih yang samar dan terlihat kurang segar daunnya, dan perlahan-lahan kembali ke warna hijau seperti semula.

Selama kurang lebih setengah tahun, saya melakukan berbagai percobaan untuk membuat Anthurium bermutasi variegata yang terlihat seperti variegata alami. Dan akhirnya saya menemukan formula yang tepat untuk itu, memakai berbagai bahan dari tumbuhan yang mudah ditemukan di alam. Saya melakukan percobaan ini dengan berbagai komposisi bahan untuk memanipulasi kromosom pada Anthurium.

Tetapi detail tekniknya tidak mungkin saya tulis disini, karena begitu banyaknya artikel di blog ini yang di Copy Paste orang lain. Lagi pula, teknik ini juga bisa digunakan untuk melakukan penipuan konsumen untuk memperoleh keuntungan yang besar. Mungkin saya akan lelang penemuan saya dengan harga mahal tentunya, tapi itu tidaklah penting bagi saya. Tujuan utama saya hanya mengingatkan para pecinta tanaman hias khususnya jenis variegata untuk lebih jeli dan waspada karena mungkin saja sudah banyak teknik variegata buatan yang sangat sulit dibedakan dengan variegata alami oleh orang yang tidak berpengalaman.

Kelebihan teknik saya adalah warna daun menjadi dominan putih dengan bercak hijau yang merata sampai ujung daun dan daun tidak berubah bentuk menjadi kerdil atau abnormal. Warna juga terlihat segar dan sehat dan tidak kembali ke warna hijau. Tetapi teknik ini juga masih ada kelemahannya, treatment variegata harus selalu dilakukan ketika sudah terlihat tanda-tanda munculnya tunas baru, apabila tidak dilakukan maka pada daun baru bercak putih kurang merata dan warna hijau lebih dominan. Ke depan, saya akan terus melakukan percobaan untukmemperoleh formula yang bisa menutupi kelemahan tersebut.

Dibawah ini saya akan memberikan foto untuk lebih jelasnya dan bisa menambah pengetahuan bagi para pecinta tanaman hias agar bisa lebih jeli dan tidak tertipu oleh variegata buatan. Bisa anda bayangkan, berapa keuntungan yang saya dapat seandainya teknik ini saya gunakan pada sebagian Anthurium saya? Hal seperti ini pernah saya alami pada saat maraknya Anthurium Bunda Menangis, saya menguraikan proses ilmiah tentang Gutasi dan Teknik Gutasi Buatan dalam waktu 3 hari. Saat itu banyak pihak yang memusuhi saya, karena Anthurium Bunda Menangis mereka tidak berharga mahal lagi. Ironisnya banyak media cetak yang menulis ulang artikel saya dan menyebutkan bahwa artikel itu dari orang lain. Inikah Indonesia ? Mengapa karya cipta seseorang tidak dihargai di Republik ini ? Tetapi banyak juga kok orang yang bersimpati dengan saya dan mendorong saya untuk membuat karya yang lebih banyak dan bermanfaat bagi orang banyak.

Sumber Data:
http://dk-breakthrough.blogspot.com/2008/03/variegata-buatan-waspadalah.html