Potong Daun untuk pembentukan roset Oleh Pak Setyo Adji Koemoro

Pertama kita lihat dulu karakter pertumbuhan daun tanamannya dulu pak, karena pertumbuhan daun tiap tanaman sering berbeda. Juga type tangkainya. Kalau Anthurioum daun panjang tangkai agak panjang, susah untuk dibuat roset.
Pertumbuhan daun ada yang menyegi 3, menyegi 4 dan ada juga yang spiral. Biasanya, pemotongan daun dilakukan kalau ada beberapa daun yang terganggu pertumbuhannya, bertangkai memanjang dibanding yang lainnya, atau sobek. Untuk mencapai roset nantinya, disarankan memotong daun yang rusak/terganggu itu, terus sampai seluruh daun yang dibawahnya. Kalau daun yang akan dipotong lebih dari 5, sebaiknya lakukan bertahap. Hari ini potong2, selang 3 hari potong lagi 2, dst, biar gak terlalu stress.
Jangan sekaligus menghabiskan daun. Sisakan minim 2 lembar. Kalaupun yang 2 lembar paling atas ini rusak, ya tunggu sampai tanaman mengeluarkan sampai 2 daun baru, barulah yang lama itu dipotong.
Syarat utama pembentukan roset :
1. Usahakan tanaman berada ditempat yang cukup kena sinar matahari dari pagi sampai sore. Kalaupun tidak bisa, carikan tempat yang paling tidak kena sinar pagi-siang, jangan siang-sore. Pada kondisi tempat yang terbatas jam kena sinar, harus dilakukan pemutaran pot 2 hari sekali.
2. Sebisa mungkin jangan memindah-2 kan pot tanaman tsb. Usahakan ditempat yang tetap. Ini karena kalau dipindah-2. intensitas cahaya yang dia dapatkan berubah-2, sehingga mempengaruhi pertumbuhan daunnya.

Jadi, jawabnya betul dengan pruning bisa menghasilkan tanaman roset, asal dilakukan dengan cara yang benar.
Semoga bermanfaat.

Salam
Oy [Setyo Adji Koemoro ]

Sumber Data: Milis Anthurium 10 April 2008