Menyemai biji anthurium

Menyemai biji anthurium?? bagian paling asyik tuch bikin baby anthurium...
pak moderator boleh sharing jg dong.. lain ladang kanlain belalang

kalo saya perlakuan thd biji sejak di tongkol mpe 2 daun begini Pak/Bu/Mas/Mbak:

  1. Buah anthurium yang nongol (Sebisa mungkin tunggu buah nongol sendiri dari tongkol/manggarnya. Saya kurang setuju dng orang yang memotong tongkol masak, kemudian diperam dengan cara mencelup batang tongkol di larutan atonik, panen dengan cara ini emang cepet menghasilkan tapi nanti biji yang disemai akan banyak yang mati skitar 30% klo sudah daun 2 ke 3) dari tongkol diambil dan di bersihkan daging buahnya secara manual dengan jari sampai terasa kesat di jari dan ga licin lagi. Kalo di hutan buah anthurium ini dimakan burung, daging buah tercerna di perut burung, sedangkan bijinya masih utuh keluar dari anus burung (maaf ga jorok kan?) sudah kesat tanpa daging buah.
    Kalao tidak bersih daging buah ini bisa jadi media yang cocok untuk jamur yang nanti mengakibatkan biji gagal berkecambah.

  2. rendam selama 30 menit biji anthurium tsb dalam larutan (atonik 1ml + 1 sendok teh anti jamur + 0.5 sendok teh anti bakteri + 1 liter air).

  3. sambil merendam biji. siapkan media semai dari campuran pakis cacah halus (panjang cacahan < humus =" 10">

  4. Letakkan biji anthurium di atas media semai, biarkan terbuka tanpa ditutup/ditabur media di atasnya. Kalau biji yang disemai dalam jumlah banyak, agar nantinya mudah menghitung lebih baik biji diatur sedemikian rupa sehingga membentuk barisan dan kolom sehingga nanti klo menghitung lebih mudah, tinggal di kalikan panjang x lebar dikurangi biji yang ga mau tumbuh.

  5. Semprot skali lagi dengan larutan no 2 untuk memastikan biji basah. (biji akan terpicu menjadi kecambah bila terkena air)

  6. Tutup wadah dengan plastik terus diikat dng karet gelang ato di tutup dng kaca. Penyiraman di awal penyemaian sudah cukup untuk sampai menuju langkah 7. Saya lebih suka menutup dengan plastik/kaca hitam krn hormon auksin dalam biji lebih maksimal bekerja dalam kondisi gelap. Kalao ingin melihat progress kecmbah bisa pagi ato malam hari saat udara tidak sepanas siang hari untuk menjaga kelembapan udara di dalam box.

  7. Buka tutup pot setelah tangkai daun pertama sudah mulai tumbuh (kecepatan tumbuh 1 biji dengan biji di sampingnya pasti beda, buka tutupnya setelah jumlah biji yang bertangkai daun lebih dari separo jumlah total biji dalam pot)

  8. Saat ini akar kecambah akan sudah mulai menancam dalam media semai. Kontrol kelembapan media dengan melihat media. Siram dengan menyemprotkan air dengan alat Sprayer dng hati2 agar posisi kecambah tidak goyang. Kalo saya cukup menyiram pada pagi hari saja.

  9. Perlakukan kecambah dengan perlakuan no 8 sampai kecambah berdaun 2.

  10. Setelah berdaun 2, akar anthurium sudah cukup aman untuk dipindah ke pot-pot baru. Untuk anthurium muda saya masih memakai media campuran spt no. 3.

  11. Kalo setalah sminggu dipindah dan tnyata bibit anthurium anda masih segar brarti akarnya telah bisa mencari makan di media baru. Untuk memperceat tumbuh saya biasa menambahkan pupuk kandang dari krotan kambing yang telah di fermentasi sebanyak 0.5 sendok teh ditabur di sekitar bibit.

  12. Kalo sudah spt ini ibaratnya tanaman tinggal ditiup agar tumbuh besar dengan penyiraman (atonik 1 ml + vit B1 1ml) 2 hari sekali dan di semprot anti jamur dan anti bakteri dng durasi masing penyemprotan seminggu sekali. Tapi resiko mati tetep ada. Jadi kalo ada yang mati jangan komplain ke sana ya...!

sorry langkah diatas ga saya sertai foto...(emang sengaja pelit..). Dibayangkan sendiri nanti imajinasinya lebih bagus dari pada gambar nyatanya.

Pernah jg mengecambah biji dengan cara ditaruh diatas tisu basah (tisu 3 lapis diletakkan di atas loyang plastik, biji di taruh di atas tisu tsb kemudian disemprot larutan no. 2) seperti waktu kita praktek biologi waktu SMP dulu. Dengan cara ini kita lebih bisa menyeragamkan kecepatan tumbuh biii . Misal biji yang hari ke-7 sudah pecah bisa kita pindahkan dulu di media semai no.3. Repotnya kita harus memindahkan biji sebanyak 2 kali yaitu ke loyang dan ke media.

Dari pengalaman kemarin2 biji anthurium yang berukuran lebih kecil (bulu jago, corong, golok, hokeri ijo/merah, gelombang cinta) sudah pecah menjadi kecambah 4-7 hari sejak diletakkan di atas media semai.

untuk biji anthurium yang lebih gede (black beauty/selfit, garuda merah/hitam, jenmanii) lebihlama berkecambah. Skitar 2-3 minggu ( tinggal mudik lebaran dulu aja).

Ada lagi memang biji mengalami kelainan, yang lain sudah 1 daun, dia baru ijo. Ada kemungkinan biji ini malah menjadi variegata/kelainan warna daun ato kristata/rumpun. Jadi biji yang mogok berkecambah jangan langsung buang. kecuali kalo bijinya kempes brarti biji tsb emang jelek(mungkin tak berisi/gabuk ato akibat dipanen tlalu dini).

Ada lagi tips klo milih biji anthurium :
1. memang paling baik ambil biji yang matang di pohon
2. biji yang klo di rendam di air mau tenggelam brarti lebih berisi (tapi cara ini agak jarang di praktekkan
dalam perdagangan biji anthurium)
3. lebih baik pilihlah biji yang berukuran rata2 sebesar biji jenis anthurium tsb. Yang lebih kecil secara visual meragukan untuk bisa tumbuh, yang lebih besar dari ukuran rata2 malah lebih parah lagi (menang gede doang, tapi paling lelet tumbuhnya, bahkan ga tumbuh)

Itu tadi dari hasil nyontek kanan kiri dan di praktekkan sendiri. Habis mo gimana modal cekak gini beli yang remaja harga selangit, beli indukan apalagi berlangit-langit…

Moga bisa untuk referensi temen2 mailinglist dalam
menyemai.

See you
Robert Pramono