manfaat rosella dan semua tentang rosella

Manfaat Rosella Bagi Kesehatan and all about Rosella Banyak sekali loh manfaat rosella. sebab selama ini udah banyak sekali penelitian yang meneliti tentang manfaat rosella bagi kesehatan dan tidak sedikit pula orang yang menggunakan rosella sebagai terapi sebab dari segi rasanya yang enak. hal ini berbeda dengan buah merah dari irian yang rasanya waduh paitnya minta [...]

Banyak sekali loh manfaat rosella. sebab selama ini udah banyak sekali penelitian yang meneliti tentang manfaat rosella bagi kesehatan dan tidak sedikit pula orang yang menggunakan rosella sebagai terapi sebab dari segi rasanya yang enak. hal ini berbeda dengan buah merah dari irian yang rasanya waduh paitnya minta ampun deh. ok sekarang kita lanjut untuk mempelajari rosella

Klasifikasi Rosella adalah sebagai berikut:

  • Divisi : Spermatophyta
  • Sub – Divisi : Angiospermae
  • Kelas : Dicotyledonae
  • Bangsa : Malvales
  • Suku : Malvceae
  • Marga : Hibiscus
  • Jenis : Hibiscus Sabdariffa

Rosella termasuk tumbuhan dalam keluarga Malvaceae yaitu tumbuhan semak tegak yang kebanyakan bercabang, memiliki bunga dan batang yang sewarna dan biasanya mencolok, memiliki daun berwarna hijau gelap sampai dengan merah, dan memiliki kulit dan batang yang berserat kuat. Kelompok malvacae memilik bunga berwarna merah sampai dengan kuning dengan warna gelap ditengahnya, dengan jumlah kelopak antara 3 – 7 buah. Bunga rosella memiliki putik sekaligus serbuk sari sehingga tidak memerlukan bunga lain untuk bereproduksi weleh g bisa ngebayangin kalo hal itu terjadi paa manusia :hammer:

Ada beberapa jenis Rosella yang beredar dipasaran, diantaranya:

  • Rosella Sudan/ Afrika (berwarna merah pekat kehitaman)
  • Rosella Cranberry banyak terdapat di Belanda (warna merah dan kelopaknya menyerupai kotak dan ujung kelopaknya berbentuk oval)
  • Rosella Taiwan (warna merah dengan panjang sekitar 5 cm dan ujung kuncupnya agak merekah)

Berbagai kandungan yang terdapat dalam tanaman Rosella membuatnya popular sebagai tanaman obat tradisional sebab jika diteliti ternyata dalam 100 g, buah rosela memiliki 49 calories, 84.5% H2O, 1.9 g protein, 0.1 g fat, 12.3 g karbohidrat, 2.3 g serat, 1.2 g abu, 1.72 mg Ca, 57 mg P, 2.9 mg Fe, 300 mg setara b-carotene, dan 14 mg asam ascorbic. sedangkan tiap 100 g, daun mengandung 43 Kalori, 85.6% H2O, 3.3 g protein,0.3 g lemak, 9.2 g karbohidrat, 1.6 g serat, 1.6 g abu, 213 mg Ca, 93 mg P, 4.8 mg Fe, 4135 mg setara b-carotene, 0.17 mg thiamine, 0.45 mg riboflavin, 1.2 mg niacin, and 54 mg asam ascorbic tidak itu saja tiap 100 g kelopak, mengandung 44 Kalori, 86.2% H2O, 1.6 g protein,O.l g lemak, 11.1 g karbohidrat, 2.5 g serat, 1.0 g abu, 160 mg Ca, 60 mg P, 3.8 mg Fe, 285 mg setara b-carotene, 0.04 mg thiamine, 0.6 mg riboflavin, 0.5 mg niacin, dan 14 mg asam ascorbic nah banyak banget kan yang bisa di manfaatkan dari tumbuhan rosella ini

selain itu menurut penelitian (Ir. Didah Nurfarida Msi, IPB, 2006), kandungan antioksidan yang terkandung pada rosela sebanyak 1,7 mmol/prolox, atau 3 kali lebih banyak daripada anggur hitam, 9 kali lebih banyak daripada jeruk stirus, 10 kali daripada buah belimbing dan 2,5 kali daripada jambu biji. jadi y nek para kaum wanita kepengen cantik c g usah pake suntik vitamin C cukup dengan minum bunga ini secara teratur pasti deh bakalan mantap :D sebab Rasio dan risiko penggunaan herba lebih aman dan lebih baik dibanding obat

ok sekarang kita langsung menuju ke manfaat rosella

rosella sebagai antioksidan

sesuai dengan penjelasan di atas tentang rosella yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi maka sangat di rekomendasikan sebagai untuk dikonsumsi. Semakin pekat warna merah pada kelopak bunga rosella, rasanya akan semakin asam dan kandungan anthosianin (antioksidan) semakin tinggi. Antosianin disini berperan menjaga kerusakan sel akibat peyerapan sinar ultraviolet berlebih. Ia melindungi sel-sel tubuh dari perubahan akibat radikal bebas. tetapi hati-hati sebab kadar anti oksidan tersebut menjadi berkurang bila mengalami proses pemanasan dan pengeringan (misalnya dengan oven). Nah kadar antioksidan rosella yang memiliki kandungan antioksidan paling tinggi jika dikonsumsi dalam bentuk kering.

trus apa c antioksidan itu?? Antioksidan adalah molekul yang berkemampuan memperlambat ataupun mencegagah oksidasi molekul lain. Kandungan antioksidan yang rendah dapat menyebabkan stres oksidatif dan merusak sel-sel tubuh. Nah karena itulah efek pengobatan rosselia ini terhadap berbagai penyakit sebenarnya merupakan efek dari anti oksidannya.

rosella sebagai anti kanker dan hipertensi

menurut penelitian ditemukan bahwa rosella mampu menurunkan tekanan darah. sama seperti obat penurun tekanan darah, bunga berwarna merah juga kuning ini dikatakan dapat membuka pembuluh darah lebih lebar, menurunkan kekentalan darah dan meningkatkan produksi urin sehingga dapat menurunkan tingkat hipertensi. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Phytomedicine tahun 2004, dimana penelitian tersebut dilakukan dengan menyuruh pasien minum setiap hari 10 gram bunga rossella kering yang diseduh. dan hasilnya sangat menakjubkan sebab mampu mengontrol hipertensi jenis ringan maupun sedang seefektif Captopril yaitu obat yang biasa digunakan untuk mengatasi hipertensi dan gagal jantung.

selain itu juga ada penelitian yang menyebutkan bahwa kandungan delphinidin 3-sambubioside, antosianin rossela yang ampuh mengatasi kanker darah alias leukemia. Cara kerja bahan-bahan tersebut dengan menghambat terjadinya kehilangan membran mitokondria dan pelepasan sitokrom dari mitokondria ke sitosol dan juga terdapat penelitian yang membuktikan bahwa rosela bersifat anti kanker lambung. Penelitian tersebut menemukan bahwa anti oksidan rosella membunuh sel kanker dengan metode sitotoksis dan apoptosis.

rosella sebagai obat penyakit hati / liver

Dalam suatu penelitian dilakukan dengan merusak hati tikus menggunakan oksidan carbon tetrachloride (CCl4) yang diinduksi di hati tikus dan hasilnya ditemukan ternyata ekstrak rosella dapat mellindungi liver tikus. Setelah diberi 1-5 % rosella selama 9 minggu, kerusakan hati seperti steasis dan fibrosis turun. Metode kerjanya dengan cara menurunkan aspartate aminotransferase (ALT), memperbaiki jumlah glutathione yang berkurang, serta menghambat peningkatan jumlah perosida lemak akibat injeksi penyakit hati.

Sumber:
http://direktori.kreatif.web.id/2009/11/10/manfaat-rosella-dan-semua-tentang-rosella/